Minggu, 20 Juni 2010

referensi dvd : warren buffet and bill gates in nebraksa university

Terpikir untuk membagikan apa yang didapat setelah menonton dvd tentang warren buffet dan bill gates ketika mereka berdua sedang berdiskusi dengan para mahasiswa di universitas nebraska.

Ada beberapa pertanyaan yang cukup menggelitik dan terkesan ironis dengan apa yang sedang dialami oleh pengusaha Indonesia, terutama mengenai pajak. Ada seorang mahasiswa bertanya, "Bagaimana pendapat anda mengenai pajak progresif yang akan ditetapkan di Amrik?" Jawaban yang cukup mengejutkan dijawab oleh Mr. Buffet, dia menjawab bahwa dia mendukung kebijakan tersebut. Dia menyatakan bahwa kebijakan pajak saat ini yang bersistem flat sebenarnya sangat menguntungkan dia dan pengusaha lainnya. Mengapa bisa begitu? Karena ternyata dia dapat dengan leluasa mengurangi beban pajaknya seminim mungkin dengan cara melakukan pinjaman kepada bank untuk berinvestasi sehingga beban bunga akan bertambah dan mengurangi beban pajak dia. Sementara keuntungan dari investasi yang dia miliki digunakan untuk membayar pinjaman tersebut. Masuk akal, dan ini memang salah satu keuntungan mendapatkan pinjaman dari bank, yaitu adanya beban yang dapat mengurangi pajak. Kemudian alasan lain yang dikemukakan Mr. Buffet, pajak sekarang menjadi tidak adil bagi masyarakat yang bukan pengusaha.

Luar biasa, sementara di negara tercinta kita, pengusaha-pengusaha kalau bisa tidak perlu membayar pajak, bahkan salah satu pengusaha terkaya di negeri ini sampai saat ini masih bermasalah dengan pajak perusahaan-perusahaannya.

Terlepas dari permasalahan itu, Mr. Buffet tampak lebih sederhana dari yang dikira. Dia sampai saat ini masih tinggal di rumah yang dia tinggali sejak dulu. Sedangkan Mr. Gates tampak lebih modern, mungkin karena mereka hidup di jaman dan generasi yang sedikit berbeda. Namun dari jawaban yang mereka berdua nyatakan tampak bahwa keduanya memiliki visi yang sama dalam berusaha, yaitu memiliki kepedulian terhadap lingkungannya. Mr. Gates memiliki yayasan yang menangani berbagai masalah sosial.

Selain itu, mereka juga tampak memiliki konsistensi dalam belajar, misalnya Mr. Gates yang pada akhirnya masuk pula menjadi salah satu direktur di perusahaan Mr. Buffet yaitu berkshire hathaway inc. tidak mempermasalahkan besarnya gaji yang dia terima karena dia masuk ke perusahaan tersebut untuk belajar dan membagi ilmunya di perusahaan tersebut.

Kedua pengusaha ini juga menunjukkan dua sisi kemampuan yang berbeda, Mr. Buffet terkenal sebagai seorang ahli finansial dan keuangan sementara Mr. Gates merupakan seorang teknisi. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan, namun pelajaran yang terutama adalah maksimalkan keunggulan dan coba kurangi kelemahan dalam bekerja.

Dvd ini amat sangat direkomendasikan bagi pengusaha dan juga karyawan yang sedang menapaki karir. Semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar